Donderdag 02 Mei 2013

makalah reboisasi


REBOISASI
Sebagai salah satu syarat untuk menempuh mata kuliah pengetahuan lingkungan yang diampu oleh


logo um warna.jpg
Nama kelompok
1.      Hendri septiyanto      (12330043)
2.      Bayu sigit handoko   (12330003)
3.      Budi iswanto              (12330014)
4.      Miftahul rohmad       (12330026)
5.      Syarifudin                  (12330036)
PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2013/2014






BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
Terjadinya degradasi hutan didaerah Aliran Sungai terutama dibagian hulu telah menimbulkan berbagai dampak negative seperti, terjadinya banjir, kekeringan, tanah longsor dan sebagainya.
Akar penyebabnya antara lain diawali oleh kurangnya pemahaman dan atau kepedulian berbagai pihak terhadap fungsi hutan dan penerimaan manfaat oleh masyarakat setempat sehingga tidak mampu membangkitkan rasa tanggung jawab dan tindakan untuk kelestarian hutan.
Untuk menanggulangi hal tersebut. Perlu dilakukan upaya pemilihan dan peningkatan kemampuan fungsi hutan, khususnya dikawasan hutan lindungan dan hutan produksi, dengan melibatkan para pihak secara terpadu, transparent dalam satu gerakan nasional.
Upaya rehabilitasi hutan (reboisasi) dilakukan secara vegetative (kegiatan tanam menanam) dengan menggunakan jenis tanaman yang sesuai dengan fungsi hutan, lahan serta kondisi agroklimat setempat.
Berkaitan dengan hal tersebut dan untuk kesamaan persepsi para pihak terkait, perlu disiapkan pedoman pembuatan tanaman reboisasi hutan lindung dan hutan produksi dalam rangka gerakan nasional rehabilitasi hutan dan lahan.
2.      Tujuan





BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian reboisasi
Reboisasi adalah upaya pembuatan tanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong atau terbuka, alang-alang, atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan.Pemeliharaan tanaman adalah perlakuan terhadap tanaman dan lingkungannya dalam luasan dan kurun waktu tertentu agar tanaman tumbuhan sehat dan berkualitas sesuai dengan standar hasil yang ditentukan.
2.      Fungsi  dan manfaat reeboisasi
.                                  a. Penghasil Kayu Bangunan
Dihutan tumbuhan beraneka spesies pohon yang menghasilkan kayu dengan berbagai kualitas dan ukuran yang dapat digunakan untuk bahan bangunan.
b. Cadangan Karbon
Salah satu fungsii hutan yang penting adalah sebagai cadangan karbon dialam karna karbon disimpan dalam bentuk biomassa vegetasinya.
c. Habitat Bagi Fauna
Konversi hutan menjadi bentuk penggunaan lahan lainnya akan menurunkan populasi flora dan fauna yang sensitif.
d. Lahan
Hutan menempati ruang dalam bumi yang terdiri dari komponen tanah, hidrologi, udara atau atmosfer, iklim yang dinamakan lahan.
3.      JENIS JENIS REBOISASI HUTAN
1.      Hutan Lindung
Hutan lindung adalah hutan yang perlu dibina dan dipertahankan sebagai hutan dengan penutupan vegetasi secara tetap untuk kepentingan hidrologi.
2.      Hutan Suaka Alam
Hutan suaka alam adalah hutan yang perlu dipertahankan dan dibina keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa
3.      Hutan Wisata
Hutan wisata adalah hutan yang dipertahankan dengan maksud untuk mengembangkan pendidikan dan rekreasi.
4.      Hutan Konversasi
Hutan konversasi adalah hutan yang dipertahankan untuk keberadaan keanekaragaman jenis plasma nutfah dan tempat hidup dan kehidupan satwa tertentu
5.      Hutan Produksi
Hutan produksi adalah kawasan hutan yang diperuntukkan sebagai kebutuhan perluasan, pengembangan wilayah sebagai kebutuhan perluasan, pengembangan wilayah misalnya transmigrasi pertanian dan perkebunan.
BAB III
USAHA PENYELAMATAN SUMBER DAYA ALAM HAYATI

Beberapa usaha penyelamatan atau pembaruan sumber datya alam hayati antara lain :
a.       Budidaya, yaitu suatu carameningkatkan jumlah dan kualitas makhluk hidup
b.      System tebang pilih yaitu suatu cara eksploitasi tanaman kayu dengan memilih tanaman yang bila ditebang tidak sangat berpengaruh terhadap ekosistem.
c.       Peremajaan tanaman yaitu usaha mempertahankan atau meningkatkan hasil dengan mempersiapkan tanaman pengganti.
d.      Reboisasi atau penghijauan yaitu suatu usaha untuk menanami lahan yang kosong atau tandus.
Contohnya: menanam jambu mete atau jati di pegunungan kapur.
e.       Penangkapan musiman yaitu dilakukan penangkapan pada saat populasi dalam tingkat tinggi dan tidak pada saat kondisi yang dapat menyebabkan kepunahan.
Contohnya: tidak berburu pada saat berkembang biak.
Kepunahan jenis hewan, tumbuhan dalam suatu ekosistem dapat terjadi karena perbuatan manusia dapat merusak ekosistem sebagai berikut :
a.       Perburuan dan penangkapan jenis hewan tertentu secara terus menerus akan menyebabkan kepunahan.
b.      Penangkapan ikan atau udang secara terus menerus apalagi menggunakan bahan peledak zat kimiawi maupun listrik karena cara tersebut akan mematikan mulai dari telur hingga dewasa dan dapat merusak lingkungan hidupnya.
c.       Penebangan dan pembakaran hutan secara liar akan merusak dan menghilangkan berbagai jenis hewan dan tumbuhan.
 

BAB V
Kesimpulan Dan Saran
Kesimpulan : reboisasi atau penghijauan adalah upaya pembuatan tanaman jenis pohon  hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong.
Saran   : sebaiknya kita harus menjaga lingkungan sekitar secara bersama sama agar tidak merusak lingkungan.

PENUTUP
Demikian pedoman ini disusun untuk menjadi panduan pelaksanaan penanaman reboisasi hutan lindung dan hutan produksi dan selanjutnya. Hal – hal yang belum cukup diatur secara tekhnis agar diatur lebih lanjut dan tidak bertentangan dengan pedoman ini.

Geen opmerkings nie: